AYO MENULIS JURNAL

Bagaimana menulis &mengirim jurnal atau artikel anda

PENGIRIMAN JURNAL INTERNASIONAL,DOAJ,SCOPUS,DLL

Jurnal bagi Dosen,Guru atau profesi lainnya sangat penting apalagi pemerintah mewajibkan bagi para Dosen,yang mau naik jabatan/pangkat/golongan,karena kewajiban penelitian masih merupakan nilai pokok yang harus terpenuhi.

Jurnal itu mempunyai tingkatan yang perlu kita cermati sehingga jurnal yang kita buat kemudian kita kirimkan mempunyai bobot dan nilai (kredit point),seperti contoh misalnya kalau seorang Dosen yng ingin naik jabatan ke Guru besar,maka ia harus mempunyai karya ilmiah yang terpublikasi pada jurnal Internasional yang''Bereputasi'',maka kalau kita hanya mempunyai tulisan pada jurnal biasa tidak bisa dijadikan syarat untuk naik jabatan ke GB(Guru Besar)atau Professor.

Apa itu jurnal''bereputasi Internasional'' ?adalah sebuah jurnal  yang menggunakan  :
1.Menggunakan bahasa PBB(Inggris,dll)tidak termasuk bahasa Indonesia.
2,Terindeks oleh Scopus,Thomson Reuters,Microsoft Edu,Scimago.
3,Mempunyai tim editor/reviewer dari beberapa negara.
4.Mempunyai ISSN online.
5.Minimal ranking tiga(SJR).
6.Penulis /author dari beberapa negara.

Dan tentu ada lagi jenis jurnal seperti :
1.Jurnal Internasional biasa(non reputasi)
2,Jurnal Nasional Terakreditasi.
3,Jurnal Nasional biasa.
4,Jurnal Lokal .
Dimana nilai angka kreditnya tidak bisa dan juga tidak dapat dijadikan syarat untuk kenaikan pangkat/golongan,ataupun syarat mendapatkan Serdos(Sertifikasi Dosen),minimal jurnal nasional terakreditasi bagi Dosen yang berpangkat Lektor Kepala,dan Jurnal internasional bagi yang berpangkat Professor(Guru Besar).

Nah disini kami  melihat beberapa kendala antara lain adalah cara mengirim jurnal tersebut,kalau masalah jenis penelitian tentu sudah tidak asing lagi bagi bapak/ibu,atau tidak ada waktu untuk mengirim jurnalnya ke lembaga jurnal yang dituju/sesuai yang diminta...maka dalam kesempatan ini kami Insya Allah  membantu   dalam hal pengiriman(submission),karena hal ini juga cukup ribet.

Apabila bapak/ibu/para mahasiswa  ingin menggunakan jasa kami dalam mengirimkan jurnal silakan langsung email kami: alfiforever@gmail.com
Anda tinggal meyiapkan jurnal nya ,kirimkan pada kami ,kalau belum  berbahasa Inggris,maka kita akan menggunakan jasa fihak ketiga (disini ada biaya translate),dan bapak/ibu/Mahasiswa silakan mencari sendiri/atau kami yang mencarikan orang yg mampu di bidang ini.

Yang perlu diingat juga adalah :
1.Jurnal biasanya cukup dengan 5000-6000 kata atau bisa juga lebih tetapi jangan terlalu panjang ,12-15-20 halaman cukup ,(semua tercakup).
2.Transkrip cukup 100-150 kata saja.
3.Keyword cukup 5-6 saja.
4 data data kirim dengan halaman terpisah,misal tabel,figure,photo,dll...
5,References/daftar pustaka harus yang baru paling tidak (maksimal)10 tahun belakangan sumber sumber nya boleh juga buku buku tua namun sekedar referensi tambahan ,kalau jurnal eksakta harus yg lebih muda lagi ,sumber sumbernya,,lalu kalau yang kita tembak internasional maka sumber sumber pun harus banyak buku buku luar.80:20 (80% Luar dan 20% buku dalam negeri.

Namun sekali lagi kami ''hanya''jasa pengiriman'' ..nya saja..hingga jurnal tsb diterima (accept),biasanya perlu waktu  3 bulan hinggga 6bulan atau lebih...maka untuk itu perlu di perhitungkan waktu nya kapan jurnal tersebut di pakai/digunakan,,karena tidak serta merta terbit/diterima,atau bahkan bisa saja di tolak.

Adapun mengenai jenis jurnalnya akan kami sesuaikan dengan bidang keilmuannya(aim scope)dan peruntukan jurnal untuk apa,,dan tentu kita tidak akan memilih jurnal jurnal yang ''meragukan/abal abal/predator/blacklist Dikti.maka untuk hal tsb sebelum kami mengirim jurnal/naskah nya kami akan browsing dulu (cek ulang)dengan menggunakan ''nama jurnalnya kemudian ditambah kata predator''atau blacklist Dikti.,agar lembaga jurnal yang kita tuju benar benar ''valid''.

Misalnya menggunakannya  6 bulan lagi ,maka dari sekarang sudah disiapkan,,,sehingga andai terlambat/atau ada revisi/ditolak,,masih ada waktu..untuk memperbaiki atau pindah kejurnal lainnya
Demikian  ,sekian terima kasih.


0 Komentar untuk " PENGIRIMAN JURNAL INTERNASIONAL,DOAJ,SCOPUS,DLL "